✅ BAGAIMANA CARA SHOLAT DALAM KENDARAAN {1}.
Orang tersebut wajib mengerjakan shalat dengan sebisanya namun bila ia tidak menghadap kiblat atau menyempurnakan rukun-rukunnya saat mengerjakan saat maka ia wajib i’aadah (mengulangi shalatnya).
🖌 Tarsyiikh al-Mustafiidiin Hal. 51 :
قوله نفل سفر( خرج به الفرض ولو نذرا او جنبا فلا يصليه راكبا ولا ماشيا وان استقبل وطال سفره لان الاستقرار شرط له نعم ان خاف من نزوله مشقة شديدة او خاف فوات الرفقة ان تفخش صلي راكبا بحسب حاله واعاد عند م ر وفي التحفة ويحمل القول بالاعادة علي من لم يستقبل او لم يتم يتم الاركان
🖍 Al-Fiqh ala Madzahib al-Arba’ah I/215 :
ومن أراد أن يصلي في سفينة فرضا أو نفلا ( الشافعية قالوا : إن الصلاة النافلة في السفينة يجب أن تكون إلى جهة القبلة . فإن لم يكن التحول إليها ترك النافلة بالمرة . وهذا في غير الملاح . أما هو فيجب عليه استقبال القبلة إن قدر وإلا صلى إلى جهة قدرته على الراجح وأما الفرض فيجب فيه استقبال القبلة مطلقا ) فعليه أن يستقبل القبلة متى قدر على ذلك وليس له أن يصلي إلى غير جهتها حتى لو دارت السفينة وهو يصلي وجب عليه أن يدور إلى جهة القبلة حيث دارت فإن عجز عن استقبالها صلى إلى جهة قدرته ويسقط عنه السجود أيضا إذا عجز عنه ومحل كل ذلك إذا خاف خروج الوقت قبل أن تصل السفينة أو القاطرة إلى المكان الذي يصلي فيه صلاة كاملة ولا تجب عليه الإعادة ومثل السفينة القطر البخارية البرية . والطائرات الجوية . ونحوها
☑️ SHOLAT DALAM KENDARAAN {2}.
Bagaimanakah hukumnya seorang yang sholat di pesawat ?
JAWABAN :
Hukum sholat di pesawat ditafshil :
1.Bila mampu menghadap kiblat saat takbirotul ihrom maka wajib menghadap kiblat, namun tidak mampu ruku' dan sujud dengan sempurna maka wajib qodlo / i'adah, sedangkan bila mampu ruku' dan sujud dengan sempurna, maka terdapat dua qoul, menurut qoul mu'tamad dalam kitab Taqrirotus Sadidah wajib qodlo / i'adah
2.Bila tidak mampu menghadap kiblat dan atau tidak mampu sholat dengan sempurna maka sholat dengan semampunya yang dia bisa untuk hormat waktu sholat (lihurmatil wakti) dan menurut ijma' ulama wajib i'adah / qodlo
Lihat Taqrirotus sadidah hal. 201, Muallif : Hasan bin Ahmad bin Muhammad bin Salim Al-Kaf :
يجوز ترك استقبال القبلة في حالتين ؛ ١ - في صلاة شدة الخوف ٢- في نافلة السفر المباح سواء أكان سفرا طويلا أم قصيرا وتارة يكون ماشيا وتارة يكون راكبا ؛
Diperbolehkan meninggalkan / tidak menghadap kiblat dalam dua (2) keadaan :
1. Pada keadaan sangat genting / mengkhawatirkan / hal yang ditakuti.
2. Pada sholat sunnah dalam keadaan bepergian yang mubah (tidak haram) baik perjalanan jauh atau dekat
Adakalanya bepergian dengan berjalan kaki, adakalanya bepergian dengam naik kendaraan;
فإذا كان ماشيا : يجب استقبال القبلة في أربعة أركان : عند الإحرام والركوع والسجود والجلوس بين السجدتين
Ketika bepergian dengan berjalan kaki maka wajib untuk menghadap kiblat dalam empat (4) rukun (sholat) :
(1) Ketika Takbirotul Ihrom,
(2) Ruku',
(3) Sujud,
(4) Duduk di antara dua sujud.
وإذا كان راكبا : يجب استقبال القبلة في الإحرام إن سهل عليه ، وإلا فلا يجب الاستقبال مطلقا
Ketika bepergian dengan berkendara maka wajib untuk menghadap kiblat pada waktu takbirotul ihrom jika mudah melakukannya, dan jika tidak mudah / kesulitan maka tidak wajib menghadap kiblat secara mutlak.
السفر القصير هو الذي يكوة من مرحلتين ( ٨٢ كيلو ) ، وأقله : أن يسافر إلى محل لا يسمع فيه نداء الجمعة ، وقيل : ميل 1
Perjalanan dekat yaitu perjalanan yang kurang dari dua (2) marhalah (82 km), minimal: seseorang bepergian ke suatu tempat yang tidak dapat terdengar panggilan / adzan jum'at. menurut pendapat lain: menggunakan 1 mil.
وتكون قبلته مقصده ، فلا يجوز أن ينحرف عنها إلا لجهة القبلة ، فإ انحرف عامدا عالما بطلت صلاته
Kiblat itu menjadi tujuan / sasarannya, maka tidak diperbolehkan seseorang menyimpang / berpaling dari arah kiblat melainkan harus menghadap kiblat, apabila berpaling dengan sengaja dan mengerti maka sholatnya batal.
وإذا كان يصلي في سفينة أو قطار ومثله الهودج والمرقد ونحو ذلك فيجد عليه أن يتم ركوعه وسجوده إن سهل ، ويجب عليه استقبال القبلة في جميع الصلاة إن سهل عليه كذلك ، وإلا فلا يجب
Jika seseorang sholat di perahu, kereta api, dan seperti halnya sekeduk, tempat tidur / pembaringan dan lain-lain maka orang yang sholat wajib meny
empurnakan ruku' dan sujudnya jika mudah, dan wajib pula menghadap kiblat dalam keseluruhan sholat jika mudah baginya, dan jika tidak mudah maka tidak wajib.
ومثل ذلك : الصلاة في الطائرة ، فتجوز مع الصحة صلاة النفل ، وأما صلاة الفرض إن تعينت عليه أثناء الرحلة ، وكانت الرحلة طويلة ، بأن لم يستطع الصلاة قبل صعودها أو انطلاقها أو بعد هبوطها في الوقت ، ولو تقديما أو تأخيرا ، ففي هذ الحالة يجب عليه أن يصلي لحرمة الوقت مع استقبال القبلة ، وفيها حالتان ؛
Begitu pula seperti halnya orang yang sholat di pesawat terbang, maka boleh baginya dan juga sah untuk sholat sunnah. Adapun untuk sholat fardlu jika menjadi wajib / tertentu untuk dilaksanakan di tengah menempuh perjalanan, dan perjalanan yang ditempuh itu jauh, sekiranya seseorang tidak mampu untuk melaksanakan sholat tepat pada waktunya sebelum naik ke pesawat atau berangkatnya pesawat (take off) atau setelah mendaratnya pesawat (landing), meskipun (sholatnya dikerjakan) dengan jama' taqdim atau ta'khir, maka dalam keadaan ini wajib bagi seseorang untuk sholat lihurmatil waqti beserta menghadap kiblat, dan dalam hal ini ada dua (2) keadaan :
إن صلى بإتمام الركوع والسجود :
ففي وجوب القضاء عليه خلاف ، لعدم استقرار الطائرة في الأرض ، المعتمد أن عليه القضاء
Jika sholat dengan menyempurnakan ruku' dan sujud maka dalam hukum kewajiban mengqodlo' terdapat perbedaan pendapat, karena tidak menetapnya pesawat di tanah, dan pendapat yang mu'tamad (yang kuat dibuat pedoman) adalah wajib mengqodlo'.
وإن صلى بدون إتمام الركوع والسجود ، أو بدون استقبال القبلة مع الإتمام ؛ فيجب عليه القضاء بلا خلاف
Dan jika sholat tanpa menyempurnakan ruku' dan sujud, atau tanpa menghadap kiblat serta dapat menyempurnakan (ruku' dan sujud), maka wajib mengqodlo' tanpa ada silang pendapat dari para ulama'.
- Bujairimi 'Alal Khothib I / 460 - 461 :
ـ (وَيَجُوزُ) لِلْمُصَلِّي (تَرْكُ) اسْتِقْبَالِ (الْقِبْلَةِ فِي حَالَتَيْنِ) الْحَالَةُ الْأُولَى (فِي) صَلَاةِ (شِدَّةِ الْخَوْفِ) فِيمَا يُبَاحُ مِنْ قِتَالٍ أَوْ غَيْرِهِ فَرْضًا كَانَتْ أَوْ نَفْلًا, فَلَيْسَ التَّوَجُّهُ بِشَرْطٍ فِيهَا لِقَوْلِهِ تَعَالَى: فَإِنْ خِفْتُمْ فَرِجَالًا أَوْ رُكْبَانًا . قَالَ ابْنُ عُمَرَ: " مُسْتَقْبِلِي الْقِبْلَةِ وَغَيْرَ مُسْتَقْبِلِيهَا " رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ فِي التَّفْسِيرِ. قَالَ فِي الْكِفَايَةِ: نَعَمْ إنْ قَدَرَ أَنْ يُصَلِّيَ قَائِمًا إلَى غَيْرِ الْقِبْلَةِ وَرَاكِبًا إلَى الْقِبْلَةِ وَجَبَ الِاسْتِقْبَالُ رَاكِبًا ; لِأَنَّهُ آكَدُ مِنْ الْقِيَامِ ; لِأَنَّ الْقِيَامَ يَسْقُطُ فِي النَّافِلَةِ بِغَيْرِ عُذْرٍ بِخِلَافِ الِاسْتِقْبَالِ.
ـ (وَ) الْحَالَةُ الثَّانِيَةُ فِي (النَّافِلَةِ فِي السَّفَرِ) الْمُبَاحِ لِقَاصِدِ مَحَلٍّ مُعَيَّنٍ ; لِأَنَّ النَّفَلَ يُتَوَسَّعُ فِيهِ كَجَوَازِهِ قَاعِدًا لِلْقَادِرِ فَلِلْمُسَافِرِ الْمَذْكُورِ التَّنَفُّلُ مَاشِيًا, وَكَذَا (عَلَى الرَّاحِلَةِ) لِحَدِيثِ جَابِرٍ: " كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي عَلَى رَاحِلَتِهِ حَيْثُ تَوَجَّهَتْ بِهِ . أَيْ: فِي جِهَةِ مَقْصِدِهِ فَإِذَا أَرَادَ الْفَرِيضَةَ نَزَلَ فَاسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ وَجَازَ لِلْمَاشِي قِيَاسًا عَلَى الرَّاكِبِ بَلْ أَوْلَى. وَالْحِكْمَةُ فِي التَّخْفِيفِ فِي ذَلِكَ عَلَى الْمُسَافِرِ أَنَّ النَّاس مُحْتَاجُونَ إلَى الْأَسْفَارِ, فَلَوْ شَرْطَ فِيهَا الِاسْتِقْبَالَ لِلنَّفْلِ لَأَدَّى إلَى تَرْكِ أَوْرَادِهِمْ أَوْ مَصَالِحِ مَعَايِشِهِمْ, فَخَرَجَ بِذَلِكَ النَّفَلُ فِي الْحَضَرِ فَلَا يَجُوزُ وَإِنْ اُحْتِيجَ لِلتَّرَدُّدِ كَمَا فِي السَّفَرِ لِعَدَمِ وُرُودِهِ.
- Syarh Al-Yaqut An-nafis halaman 146 :
ومن أدركته الصلاة وهو طائرة إن أمكنه معرفة القبلة وجب عليه الاتجاه نحوها وإلا صلى على أي هيئة استطاع لحرمة الوقت ثم أعاد
Barangsiapa masuk waktu sholat sedang dia berada dalam pesawat, jika dia bisa mengetahui arah kiblat maka wajib baginya sholat dengan menghadap kiblat (ketika takbirotul ihrom:ed), namun jika tidak mampu maka diperbolehkan baginya sholat dengan cara yang dia mampu untuk menghormati wakyu sholat, kemudian setelah mendarat wajib baginya mengulang sholatnya.
فتاوى الشيخ عبدالله بن عقيل ج ١ ص ١١٦
هل تصح الصلاة في الطائرة والسيارة حال سيرهاسائل يسأل هل تصح الصلاة في الطائرة وهي محلقة في الجو، وكذلك في السيارة إذا طلبت من ا
لسائق إيقافها لأداء الصلاة فامتنع، وخشيت خروج الوقت، فهل أصلي بالسيارة وهي تمشي ؟ وهل يجوز للمسافر أن يقصر ويفطر، مع أنه يقطع المسافة في مدة قليلة ؟الإجابة: الحمد لله وحده. نعم، تصح الصلاة على الطائرة وهي تطير في الجو، كما تصح الصلاة على الباخرة، والسفينة، ونحوها، كالقطار، وهذا أشبه بحال الضرورة؛ لأنه لا يستطيع إيقافها ولا النزول لأداء الصلاة، ولا يجوز تأخير الصلاة عن وقتها بحال. كما تصح الصلاة في السيارة إذا جدّ به السير، ولم يتمكن الراكب من إلزام السائق بإيقاف السيارة، وخشي خروج الوقت، فإنه يصلي قبل خروج الوقت، ويفعل ما يستطيع عليه، ولا حرج، وصلاته صحيحة. ثم إذا صلى الإنسان في الطائرة ونحوها، فإن استطاع أن يصلي قائما ويركع ويسجد لزمه ذلك في الفريضة، وإلا صلى على حَسَبِ حاله، وأتى ما يقدر عليه من ذلك. كما يلزمه استقبال القبلة حسب استطاعته، وكلما دارت انحرف إلى القبلة إذا كانت الصلاة فرضا.التقريرات السديدة فى المسائل المفيدة (واذا كان راكيا يجب استقبال القبلة فى الاحرام ان سهل عليه، والا فلا يجب الاستقبال مطلقا) واذا يصلى فى سفينة او قطار ومثله الهودج والموقد ونحو ذلك فيجب عليه ان يتم ركوعه وسجوده ان سهل، ويجب عليه استقبال القبلة فى جميع الصلاة ان سهل عل
يه ذلك والا فلا يجب، ومثل ذلك: الصلاة فى الطائرة، فتجوز مع الصحة صلاة النفل، واما صلاة الفرض ان تعينت عليه اثناء الرحلة وكانت الرحلة طويلة بان لم يستطع الصلاة قبل صعودها او انطلاقها او بعد هبوطها فى الوقت ولو تقديما او تأخيرا، ففى هذه الحالة يجب عليه ان يصلى لحرمة الوقت مع استقبال القبلة، وفيها حالتان ؛ ان صلى باتمام الركوع والسجود ففى وجوب القضاء عليه خلاف، لعدم استقرار الطائرة فى الارض، والمعتمد عليه القضاء وان صلى بدون اتمام الركوع والسجود او بدون استقبال القبلة مع الاتمام فيجب عليه القضاء بلا خلاف
👉 SHOLAT DALAM KENDARAAN {3}.
Kereta api adalah transportasi bagi orang orang yang bepergian jauh, yang di samping lebih murah dibanding dengan bus,juga lebih efektif dan efesien waktu karena langsung sampai kota tujuan tanpa gonta ganti kendaraan. Namun alternative diatasbanyak menimbulkan pertanyaan. Contohnya teguh yang melakukan perjalanan kembali ke pondok dengan kereta api dari jawa barat berangkat jam 06.30 dan sampai kota Kediri pukul 19.30, sehingga waktu sholat dhuhur dan ashar di habiskan di atas kereta api, hati ingin melakukan sholat dengan sempurna akan tetapi sangat tidak memungkinkan,sehingga ia terpaksa melaksanakan sholat dengan cara lihurmatil waqti, Akan tetapi kebingungan teguh semakin menjadi jadi,pasalnya sholat lihurmatil waqti dilakukan dengan tidak maksimal,misalnya ketika ruku’ dan sujudyang semestinya bias dengan membungkukkan badan sambil duduk di kursi kereta api ,namun karena malu pada penumpang lain ia hanya komat kamit melafalkan bacaan sholat tanpa di sertai gerakan sesuai rukun rukun sholat. PERTANYAAN:
a.Apakah alasan hemat biaya, efektif dan efesien waktu memperbolehkan mereka memilih kereta api dengan konsekwensi melakukan sholat lihurmatil waqti ?
b.Bagaimanakah cara yang benar sholat lihurmatil waqti dalam kereta api?
c.Wajibkah mengqodho ( mengulang ) sholat yang sudah di kerjakan di atas kereta api?
d.Bolehkah memilih mengqodho sholat daripada sholat lihurmatil waqti ( karena malu)?
JAWABAN :
sebenarnya jawaban dari pertanyaan ini sudah bisa diketahui lewat gabungan dari dua dokumen :
a.Faktor hemat biaya sudah cukup sebagai alasan. Yakni mengingat bila kita turun dari kereta dan shalat di stasiun ada kemungkinan besar mengalami keterlambatan kereta. Sebab pada kenyataannya lamanya berhenti kereta tidak pasti dan umumnya berhenti sebentar.
b.Dilakukan sebisa mungkin menetapi rukun shalat sesuai posisi yang dialami. Namun tidak didapati penjelasan rukhshah meniadakan membungkuk untuk sujud hanya dikarenakan malu pada penumpang lain.
c.Menurut pendapat mayoritas ulama adalah wajib mengqadha karena termasuk udzur yang jarang, sebagian lagi mengatakan tidak wajib.
d.Tidak boleh, alasan dilakukannya shalat lihurmatil waqti adalah agar tidak sampai meninggalkan atau mengakhirkan shalat di saat waktunya telah tiba.
العبارات :
المجموع شرح المهذب ج3 ص242
(فرع) قال أصحابنا ولو حضرت الصلاة المكتوبة وهم سائرون وخاف لو نزل ليصليها علي الارض الي القبلة انقطاعا عن رفقته أو خاف علي نفسه أو ماله لم يجز ترك الصلاة وإخراجها عن وقتها بل يصليها عل
ى الدابة لحرمة الوقت وتجب الاعادة لانه عذر نادر هكذا ذكر المسألة جماعة منهم صاحب التهذيب والرافعي وقال القاضى حسين يصلي علي الدابة كما ذكرنا قال ووجوب الاعادة يحتمل وجهين أحدهما لا تجب كشدة الخوف والثانى تجب لان هذا نادر ومما يستدل للمسألة حديث يعلي بن مرة رضى الله عنه الذى ذكرناه في باب الاذان في مسألة القيام في الاذان .
ترشيح المستفيدين ص51
(قوله نفل سفر) خرج به الفرض ولو نذرا او جنبا فلا يصليه راكبا ولا ماشيا وان استقبل وطال سفره لان الاستقرار شرط له نعم ان خاف من نزوله مشقة شديدة او خاف فوات الرفقة ان تفخش صلي راكبا بحسب حاله واعاد عند م ر , وفي التحفة ويحمل القول بالاعادة علي من لم يستقبل او لم يتم الاركان .
✍ SHOLAT DIATAS PERAHU / KAPAL.
ANDA TETAP DIHARUSKAN MENGHADAP KIBLAT DAN MENCARI ARAHNYA BAIK DALAM SHALAT SUNAH MAUPUN WAJIB, BILA TIDAK BISA MAKA SHALAT YANG ANDA KERJAKAN HARUS DIULANG SESAMPAINYA DARATAN. KETERANGAN DIAMBIL DARI :
اما الراكب في سفينة فيلزمه الاستقبال واتمام الاركان سواء كانت واقفة أو سائرة لانه لا مشقة فيه وهذا متفق عليه هذا في حق ركابها الاجانب اما ملاحها الذى يسبرها فقال صاحب الحاوى وابو المكارم يجوز له ترك القبلة في نوافله في حال تسييره
Sedangkan bagi pengendara perahu mk wajib baginya menghadap kiblat serta menyempurnakan rukun2nya shalat baik perahunya berhenti / berlayar krn tdk ada kesulitan baginya & hal ini disepekati ulama, hukum ini berlaku bagi setiap pengemudinya sedang bagi relasinya yang menentukan arah perahu menurut pengarang kitab ‘al-Haawy & Abu al-makarim baginya boleh tdk menghadap kiblat dlm shalat2 sunah saat perahunya berlayar”. [ Al-Majmuu’ ‘alaa Syarh al-Muhaddzab III/233 ].
وَلَيْسَ لِرَاكِبِ السَّفِينَةِ وَلَا الرَّمَثِ وَلَا شَيْءٍ مِمَّا يُرْكَبُ في الْبَحْرِ أَنْ يصلى نَافِلَةً حَيْثُ تَوَجَّهَتْ بِهِ السَّفِينَةُ وَلَكِنْ عليه أَنْ يَنْحَرِفَ إلَى الْقِبْلَةِ وَإِنْ غَرِقَ فَتَعَلَّقَ بِعُودٍ صلي على جِهَتِهِ يُومِئُ إيمَاءً ثُمَّ أَعَادَ كُلَّ مَكْتُوبَةٍ صَلَّاهَا بِتِلْكَ الْحَالِ إذَا صَلَّاهَا إلَى غَيْرِ قِبْلَةٍ ولم يُعِدْ ما صلى إلَى قبله بِتِلْكَ الْحَالِ
Dan tdk diperkenankan bagi orang yang naik perahu, rakit / sesuatu yg ia kendarai dilaut utk shalat sunat sesuai arah perahunya tapi dia menghadaplah kiblat meskipun ia tenggelam mk bergantunglah pada kayu, shalatlah dgn menghadap arah kiblat dgn menggunakan isyarat lalu baginya wajib mengulangi setiap shalat wajib yg ia kerjakan dlm kondisi tsb bila ia mengerjakan shalatnya dgn tdk menghadap kiblat & tidak perlu baginya mengulangi shalat wajibnya dalam kondisi tersebut bila ia kerjakan dalam posisi ia menghadap kiblat. [ Al-Umm Lis Syaafi’I I/98 ].
وتصح الفريضة في السفينة الواقفة والجارية والزورق المشدود بطرف الساحل بلا خلاف إذا استقبل القبلة وأتم الاركان…..
(فرع) قال اصحابنا إذا صلي الفريضة في السفينة لم يجز له ترك القيام مع القدرة كما لو كان في البر وبه قال مالك واحمد وقال أبو حنيفة يجوز إذا كانت سائرة قال اصحابنا فان كان له عذر من دوران الرأس ونحوه جازت الفريضة قاعدا لانه عاجز فان هبت الريح وحولت السفينة فتحول وجهه عن القبلة وجب رده إلى القبلة ويبى علي صلاته بخلاف ما لو كان في البر وحول انسان وجهه عن القبلة قهرا فانه تبطل صلاته كما سبق بيانه قريبا قال القاضي حسين والفرق أن هذا في البر نادر وفى البحر غالب وربما تحولت في ساعة واحدة مرارا
* (فرع) قال أصحابنا ولو حضرت الصلاة المكتوبة وهم سائرون وخاف لو نزل ليصليها علي الارض الي القبلة انقطاعا عن رفقته أو خاف علي نفسه أو ماله لم يجز ترك الصلاة وإخراجها عن وقتها بل يصليها على الدابة لحرمة الوقت وتجب الاعادة لانه عذر نادر.
Hukumnya SAH shalat fardhu yang dikerjakan diatas perahu yang diam, bergerak, sampan yang terikat dipinggir pantai dengan tanpa perbedaan ulama bila ia menghadap kiblat dan mampu menyempurnakan rukun-rukunnya shalat…
[ CABANG ] Berkata pengikut-pengikut as-Syaafi’i “Bila seseorang shalat diatas perahu tidak diperkenankan baginya meninggalkan shalat dalam keadaan berdiri bila ia mampu seperti halnya shalatnya didaratan, pendapat ini selaras dengan Imam Malik dan Ahmad sedang Imam Abu Hanifah membolehkannya saat perahunya telah berlayar”.
Berkata pengikut-pengikut as-Syaafi’i “Bila baginya ada halangan untuk menjalani shalat dalam perahu dengan berdiri semacam kepalanya berputar-putar dan lainnya maka boleh baginya menjalaninya den
gan duduk, apabila angin bertiup membelokkan arah perahu dan memalingkan wajahnya dari kiblat maka wajib baginya kembali lagi menghadap kiblat dan meneruskan shalatnya berbeda saat ia shalat didaratan saat terdapat orang lain memalingkan wajahnya dari kiblat maka batal shalatnya seperti dalam keterangan yang telah lalu”.
Berkata alQaadhi Husain “Perbedaannya adalah kasus berpalingnya wajah didaratan langka sedang dilautan hal yang jamak dan dalam sesaat terkadang bisa berpaling wajahnya berulang-ulang”.
[ CABANG ] Berkata pengikut-pengikut as-Syaafi’i “Bila waktunya shalat wajib
telah tiba sementara dirinya sedang
berjalan dan saat ia menjalani shalat didaratan dengan menghadap kiblat ia khawatir akan terpisah dari rombongan atau khawatir akan keselamatan dirinya, hartanya maka baginya tidak diperbolehkan meninggalkan shalat dan mengerjakannya diluar waktunya namun shalatlah diatas kendaraan sekedar menghormati waktu dan diwajibkan baginya mengulangi shalatnya karena hal tersebut termasuk udzur yang langka”. [ Al-Majmuu’ ‘alaa Syarh al-Muhaddzab III/240-241 ].( gusdin moker )
▪️FENOMENA PARA PENUMPANG KERETA API ▪️
Menggunakan jasa kereta api merupakan pilihan ekonomis bagi mereka yang ingin bepergian jauh. Kendati demikian, jasa kereta api tersebut tetap saja menyisakan masalah terkait dengan ibadah fardlu bagi mereka yang peduli dengan agamanya. Sebab, ketika hendak bersuci dan melakukan shalat fardlu secara sempurna, para penumpang yang berada di atas kereta terasa sangat kesulitan atau bahkan tidak bisa melakukannya. Sementara jika turun dari kereta, mereka takut ketinggalan. Apakah baginya wajib melaksanakan shalat dalam keadaan semacam di atas?
Jawab: Tetap wajib shalat sebisa mungkin, dalam rangka untuk menghormati waktu shalat. Dan baginya harus meng-qadlâ’-inya.
Referensi:
( المجموع الجزء 3 ص : 223 مكتبة مطبعة المنيرية ) ( فَرْعٌ ) قَالَ أَصْحَابُنَا وَلَوْ حَضَرَتْ الصَّلاةُ الْمَكْتُوبَةُ وَهُمْ سَائِرُونَ وَخَافَ لَوْ نَزَلَ لِيُصَلِّيَهَا عَلَى الأَرْضِ إلَى الْقِبْلَةِ انْقِطَاعًا عَنْ رُفْقَتِهِ أَوْ خَافَ عَلَى نَفْسِهِ أَوْ مَالِهِ لَمْ يَجُزْ تَرْكُ الصَّلاةِ وَإِخْرَاجُهَا عَنْ وَقْتِهَا بَلْ يُصَلِّيهَا عَلَى الدَّابَّةِ لِحُرْمَةِ الْوَقْتِ وَتَجِبُ الإِعَادَةُ لأَنَّهُ عُذْرٌ نَادِرٌ هَكَذَا ذَكَر الْمَسْأَلَةَ جَمَاعَةٌ مِنْهُمْ صَاحِبُ التَّهْذِيبِ وَالرَّافِعِيُّ وَقَالَ الْقَاضِي حُسَيْنٌ يُصَلِّي عَلَى الدَّابَّةِ كَمَا ذَكَرْنَا قَالَ وَوُجُوبُ الْإِعَادَةِ يَحْتَمِلُ وَجْهَيْنِ أَحَدَهُمَا لا تَجِبُ كَشِدَّةِ الْخَوْفِ وَالثَّانِي تَجِبُ لأَنَّ هَذَا نَادِرٌ اهـ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar