Rabu, 07 Maret 2018

SHALAT ISYROQ DAN SHALAT DHUHA

PERTANYAAN :

Shalat isyroq kenapa tidak masuk dhuha ya ?
JAWABAN :

Imam Ibnu Hajar al-Haytami memilih pendapat Isyraq itu adalah dhuha, berdasarkan hadits riwayat Ibnu Abbas, sedang Imam Ghazali memilih pendapat Isyraq itu bukan Dhuha. Memang lebih bagus memilih pendapat Isyraq itu bukan Dhuha, supaya kita lebih banyak ibadah.
Tapi sewaktu-waktu, boleh saja kita ikut pendapat pertama . Seperti, misalnya kita sempat wiridan setelah shubuh sampai terbit matahari satu tombak, dan kita sholat Isyraq, dan ternyata kita tak punya waktu lagi untuk Dhuha, maka kita ikut pendapat pertama, bahwa Isyraq sama dengan Dhuha. Artinya kita tetap sholat dhuha, pada hari itu...
 
Ta'bir Hasyiyah Syarwani (shalat isyraq bukan shalat dhuha).

Catatan : Imam al Muzajjad, penggarang kitab al 'Ubaab mengatakan shalat isyraq bukan shalat dhuha,

Sementara Imam Ibnu Hajar dalam syarahnya menguatkan pendapat yang mengatakan shalat isyraq termasuk shalat dhuha

Wallaahu A'lam
Adapun jawaban untuk pertanyaan : dalam mazhab apa sholat isyroq Disunnahkan ? adalah sebagaimana dijelaskan oleh Imam Ibnu Hajar :

FA MUQTADHAL MADZHAB ANNAHUU LAAYAUJUUZU FI'LUHAA BINIYYATIL ISYRAAQ IDZ LAM YARID FIIHAA SYAI`UN
dan:

WA GHAIRAHUU MUSHARRIHUN BI ANNAHAA MINADHDHUHAA WA ANNA HAADZAA HUWA ALLAA`IQ BIL QAWAA'ID LI ANNA MUGHAAYARATAHAA LIDHDHUHAA LAM YASHIHHA FIIHI SYAI`UN WA MABNIYYUSHSHALAWAATI A'ALATTAUQIIF MAA AMKANA
Wallaahu A'lam
Dalam kitab Ihya dan syarahnya, Ithaf assaadat al Muttaqin juz III halaman 369, Mu`assasah at taarikh al 'Arabi,Beirut : T'abir Ihya juz I halaman 197 (1/382, maktabah syamilah)

Ta'bir Ithaaf :
وأما وقتها
WA AMMAA WAQTUHAA
أي صلاة الضحى
AI SHALAATIDHDHUHAA

FAQAD RAWAA 'ALIYYUN RADHIYALLAAHU 'ANHU ANNAHUU SHALLALLAAHU 'ALAIHI WASALLAM KAANA YUSHALLII ADHDHUHAA SITTAN FII WAQTAINI
الأول
AL AWWALU

IDZAA ASYRAQAT ASYSYAMSU WARTAFA'AT QAAMA WA SHALLAA RAK'ATAINI, WA HAADZIHII HIYA ALMUSAMMAATU BISHALAATIL ISYRAAQI 'INDA MASYAAYIKHINAA ASSAADAT ANNAQSYABANDIYYAH QADDASALLAAHU ASRAAARAHUM
Sementara dalam kitab Bidaayatul Hidaayah halaman 7, maktabah syamilah, Imam Ghazali menerangkan:

Wallaahu A'lam
Adapun Shalat Isyraq, Dalam kitab Tuhfah, Imam Ibnu Hajar juz II halaman 238 menerangkan:

Dan diantara shalat yang tidak disunnahkan berjama'ah ialah dua rakaat mengiringi isyraq (terbit dan bersinarnya matahari) stelah keluarnya waktu karahaah (waktu makruh). Shalat dua rakaat tersebut bukan shalat dhuha

Wallaahu A'lam
Sementara Imam Ramli dalam kitab Nihaayatul Muhtaaj juz II halaman 117 menerangkan :

 

KESIMPULAN :
1.Menurut qaul mu'tamad dari Imam Ghazali dan Ibnu Hajar dalam Tuhfah memilih pendapat Isyraq itu bukan Dhuha. Sedang qaul yang berseberangan dari Imam Ibnu Hajar al-Haytami dalam Fatawa Kubra, serta Imam Ramli, dan Imam Zakariya memilih pendapat Isyraq itu adalah dhuha berdasarkan hadits riwayat Ibnu Abbas.
2.Bila mengacu pada qaul shalat isyraq itu bukan shalat dhuha (melainkan shalat isyraq tersendiri) maka niatnya adalah niat shalat isyraq.
3.Sedangkan bila mengacu pada qaul shalat isyraq adalah shalat dhuha maka niatnya adalah niat shalat dhuha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar